--> Skip to main content

Game Online Edukasi Terbaik untuk Anak

culinaryschools

 

MEDIAKOMPILASI.COM – Anak bermain game online boleh-boleh saja asalkan gamenya mendidik bukan game-game yang bisa membuat anak kecanduan seperti kebanyakan game online zaman sekarang. Tak sedikit yang akhirnya anak jadi malas belajar bahkan sampai mengalami gangguan kesehatan

Bagaimana kalau ada game online tapi kaya akan edukasi? Bermain sambil belajar, Asyik bukan? Memang ada game online semacam ini? Ada dong dan topik inilah yang akan saya ulas pada artikel ini.

Sebagai pembuka, saya akan berbagi pengalaman soal kebiasaan anak saya bermain game online. Tiada hari tanpa bermain game. Bangun tidur yang dicari HP untuk main game, pulang sekolah juga demikian.

Sebagai orang tua tentunya saya tidak menginginkan hal ini. Melarang 100% untuk tidak bermain game tentu bukan pilihan bijak. Saya mulai membatasi jam bermain game online dan mengalihkan bermain game yang ada edukasinya.

Situs game edukasi terbaik

Situs game yang satu ini bisa menjadi menjadi solusi kecanduan main game online. Bermain game disini bisa sekaligus belajar. Ratusan koleksi game online gratis tersedia disini. Uniknya lagi dan ini yang membedakan dengan game online lain, game disini memberi pengetahuan seputar makanan, pertanian, memasak, bisnis restoran dan perhotelan. Menarik bukan?

Silahkan kunjungi situs culinaryschools.org/kids-games/. Pilih gamenya mainkan enjoy!

Oh ya bermain game online di situs ini, tidak perlu cemas nanti lelet atau sering ngelag karena game disini didesain menggunakan desain web HTML 5 yang ramah digunakan untuk HP dan PC. Asyiknya lagi meski game online gratis, saat bermain game tidak ada jeda iklan disana.

Iklan hanya muncul di ruang kosong situs jadi tidak mengganggu permainan. Setiap memilih sebuah game maka akan terbuka di tab baru sehingga memudahkan jika ingin memilih game yang lain.  Semua game disini disertai dengan backsound musik yang ceria.


Berikut adalah koleksi Game Online selengkapnya:

Kategeri Food education game:

Cooking and kitchen work, Recycling, Farming

Kategeri Serving Eaters:

Grocery Stores, Drinks, Pizzerias, Cheeseburgers, Sandwich stackers, Mexican food, Lunch, Dinner, Ice Cream, Desserts, Other Business Simulation Games

Kategeri Other Fun Food-themed Games:

Snake, Maze Attack Games, More Arcade Classic Games, Platform Games, Music Games, Glass Filling Games, Physics Puzzle Games, Slicing Games, Bubble Shooter Games, Match 3 Games, Tile Breaker Games, 2048 Games, Merge Games, Watermelon Games, Running Games, Jumping Games, Flying Games, Driving Games, Idle Games 

Kategeri Brain Games:

Word Games, Tetris Games, Memory & Matching Games, Mahjong Solitaire, Mahjong Connect 3D, Mahjong Paint by Number Games, Sokoban Games, Logic Puzzle Games, Puzzle Games, Hidden Objects, Find Differences, Math Games, Sorting Games, Solitaire Games, Card Games 

Tiba saatnya untuk mencoba game online yang ada di situs culinaryschools.org untuk merasakan sendiri bagaimana bermain game disana sehingga bisa membujuk anak untuk bermain game disana.

1. Game can I eat

Can I eat


Game online pertama yang saya coba adalah Game can I eat . Game ini memberikan edukasi seputar benda yang bisa dimakan atau tidak. Cara mainnya cukup simpel, Klik START untuk mulai. Dilayar akan muncul sebuah barang contohnya sosis, wortel, pizza apel, alpukat, keju, es krim, roti, burger, baterai, kaca, garpu, kaos kaki, pensil, kayu atau serangga

Pemain harus secepatnya meng klik YES  jika bisa dimakan atau NO jika tidak bisa dimakan. Jika jawaban benar akan mendapatkan poin 1. Akumulasi nilai akan terlihat dipapan score. Game ini menuntut kecepatan dalam meng klik jawaban, semakin cepat menjawab maka poin akan semakin banyak. Jika jawaban salah maka permainan game over dan bisa mulai lagi dari awal.

Barang yang muncul berganti-ganti antara yang bisa dimakan atau tidak tapi kadang berurutan sehingga pemain harus jeli. Selama bermain game ini saya bisa mendapatkan poin tertinggi 78.

2. Game fruit fit

fruit fit


Game berikutnya yang saya coba adalah Game fruit fit. Game online ini cukup bagus untuk pengetahuan anak-anak dalam bidang buah-buahan. Apalagi jika pemainnya tinggal dinegara yang bukan berbahasa Inggris. Game ini sekaligus untuk belajar bahasa Inggris terutama dari kosa kata dan pelafalan kalimat serta teksnya.

Untuk memulai game ini klik tanda panah yang ada di pojok kanan bawah. Muncul menu game. Learn Fruit dan Guessing the fruit. Klik menu yang akan dimainkan.

Learn Fruit

Jika memilih learn fruit akan muncul 5 gambar buah beserta namanya. Jika diklik salah satu gambarnya akan terdengar pelafalan nama buahnya. Pilih tombol next untuk melihat koleksi buah lainnya. Tersedia 20 nama buah. Klik tombol prev jika ingin kembali ke menu utama.

Guessing the fruit

Jika memilih guessing the fruit akan muncul sebuah nama buah dan 3 gambar buah dibawahnya. Klik gambar buah yang sesuai dengan nama yang tampil. Jika jawaban benar makan akan muncul ucapan congratulation.

3. Game Food Run


Game yang satu ini cukup menarik untuk dicoba karena memberikan edukasi seputar makanan sehat dan yang tidak sehat sekaligus mengenalkan olah raga lari kepada anak-anak. Cara mainnya dengan berlari sambil mengkonsumsi makanan yang muncul di layar. Jika memilih makanan sehat maka tubuh akan lebih sehat dan mudah loncat tapi kalau memilih makanan tidak sehat badan akan semakin gemuk dan susah loncat. Dilayar akan terlihat indikator kesehatan (health meter) semakin penuh warna hijaunya akan semakin baik.

Saat lari akan muncul buah buahan dan kentang goreng. Hindari lubang dengan meloncat. Klik mouse untuk meloncat. Klik 2 kali untuk lompatan yang lebih jauh. Jika masuk jurang permainan akan game over.

Setelah mencobanya, game ini menjadi favorit saya dan saya pikir anak-anak juga akan suka karena tidak ada batasan waktunya. Asalkan belum jatuh ke jurang maka permainan akan terus berlangsung.

4. Game Fast Food Combat

fast food combat


Game ini temanya berlomba untuk memakan buah yang lezat dan menghindari yang tidak sehat atau membuat sakit. Makanan yg tidak sehat ditandaai dengan warna abu abu atau tomat beku.

Klik new play kamu jadi exterminator sedangkan lawannya opponent. Waktunya 60 detik. Jika muncul buah yang sehat buru-buru klik untuk bisa mengambil jangan sampai keduluan dengan lawan. Setiap mendapatkan buah akan mendapatkan poin 10. Jika salah pilih poin berkurang 10. Pemenang ditentukan poin terbanyak. 

5. Game Baby Supermarket

baby supermarket


Game ini mengenalkan makanan yang ada di supermarket seperti pizza, soup, carrot, milk dan lain-lain. Cocok sekali untuk anak-anak usia dini.

Klik tombol play untuk mulai permainan. Ada 2 pilihan learn dan play. Jika memilih learn maka akan terpampang 9 makanan. Klik untuk mengetahui namanya disertai penjelasannya. Klik tombol next untuk makanan-makanan lainnya.

Jika memilih play maka pemain harus mencocokkan tulisan yang ada di troli dengan yang ada di rak

Jika betul maka akan mendapat ucapan selamat tapi jika salah makanan tidak akan masuk kekeranjang.

Oh ya selain menyediakan game online yang ramah untuk anak, situs culinary schools juga menyediakan aplikasi untuk kesehatan salah satunya untuk menghitung penurunan berat badan. Silahkan kunjungi https://www.culinaryschools.org/blog/weight-loss/

Akhir kata, game online yang ada disitus culinaryschools.org cukup bagus dimainkan anak-anak karena tidak sekedar bermain namun juga belajar. Selamat Mencoba!

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar