--> Skip to main content

Cara Saya Meraih 20 Juta Pertama dari Youtube


MEDIAKOMPILASI.COM - Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Pepatah ini cocok untuk saya yang memilih youtube sebagai sumber penghasilan. Meski sudah 7 tahun terjun menjadi kreator video youtube namun saya belum juga sukses.

Tapi saya tetap semangat karena saya punya 3 channel yang statusnya sudah lolos monetisasi. Penghasilan sedikit demi sedikit saya kumpulkan hingga akhirnya bisa gajian yang pertama, kedua sampai ke 15. Gajian terakhir saya terima bulan Juli 2024 kemarin. Sedangkan gajian perdana pada Januari 2019.

Menariknya gajian kali ini menggenapkan penghasilan yang selama ini saya terima menjadi total 20 juta. Tak terasa sudah sampai pada titik ini. Selama ini saya memang menikmati menjadi youtuber. Berapa pun hasilnya saya tetap semangat pantang mundur.

Total penghasilan mungkin bisa lebih dari itu karena selain mendapatkan penghasilan Adsense Youtube, saya juga mendapatkan penghasilan dari Shopee Affiliate.

Bagaimana cara saya bisa meraih penghasilan dari youtube hingga terkumpul 20 juta? ini yang akan saya share sebagai bahan referensi.

Baca Juga: Rahasia Sukses Menghasilkan Uang Jutaan Rupiah dari Shopee Video 

Cara saya meraih 20 Juta pertama

Meraih penghasilan dari Youtube tidak semudah membalikkan tangan dan itu sudah saya rasakan. Diawal saya membangun channel, sempat terpikirkan apakah saya mampu? namun setelah saya nikmati prosesnya akhirnya membuahkan hasil. Berikut ini tips dari saya.

1. Niatkan Mencari penghasilan

Segala sesuatu tergantung dari niat. Kalau dari awal niatnya ingin mencari penghasilan dari Youtube maka akal dan pikiran akan menjurus kesana. Beda jika niatnya sekedar eksis, iseng atau ikut-ikutan biasanya kurang serius.

Mencari penghasilan dari Youtube itu tidak mudah terutama dari sisi persyaratannya. Kamu harus punya channel yang memiliki 1000 subsriber dan 4000 jam tayang. Hanya kreator video Youtube yang totalitas yang bisa menembus persyaratan tersebut. Setelah syarat terpenuhi barulah diajukan ke Youtube untuk ditinjau kelayakannya.

Sulit bukan berarti tidak bisa di raih, asalkan konsisten membuat konten yang bermanfaat maka cepat atau lambat akan tembus. Terbukti saya punya 3 channel yang sudah lolos monetisasi padahal saya tidak jago editing.

2. Peralatan Memadai

Untuk menghasilkan sebuah video yang berkualitas perlu didukung perlatan yang memadai mulai dari HP, microphone, tripod, lighting, aplikasi video editing hingga akses internet. Modalnya banyak dong? Tidak juga. Kalau memang modalnya terbatas kamu bisa menggunakan peralatan seadanya minimal HP dan akses intenet. Peralatan yang lain bisa dicicil kalau ada uang.

Dulu saya memulai sebagai kreator video Youtube bermodalkan HP Andorid jadul dengan resolusi kamera 5 MP dan PC Pentium 4. Lambat laun setelah channel mulai menghasilkan saya upgrade HP yang lebih bagus dan peralatan pendukung lainnya.

3. Konsisten membuat konten bermanfaat

Di Youtube biasanya pengunjung mencari tutorial, review, informasi atau hiburan. Usahakan membuat konten yang sering dicari pengunjung. Lebih menguntungkan lagi membuat konten yang bersifat abadi atau bukan yang bersifat viral misalnya tutorial.

Kamu bisa memanfaatkan tools gratis untuk mencari kata kunci yang sering dicari pengunjung salah satunya Ubersuggest – SEO and keyword and Discovery

Sesuaikan niche video dengan minat kamu untuk mempermudah dalam pembuatan konten. Contohnya saya sendiri memilih niche martabak manis karena memang profesi saya seorang tukang martabak manis. Hindari memilih niche yang kamu sendiri tidak paham karena akan membuat kamu tidak produktif.

4. Tingkatkan skill produksi konten

Konten itu jantungnya sebuah channel. Semakin produktif membuat dan mengunggahnya ke Youtube maka potensi penghasilannya akan besar. Dalam membuat konten memerlukan skill yang memadai. Konten kreator harus paham type shoot, angle kamera. Camera movement, komposisi rule of third atau setting tempat. Konten kreator juga harus lancar berkomunikasi atau berbicara didepan kamera.

Dari sisi lain, skill editing video dan recording audio juga sangat diperlukan. Semua hal tersebut bisa dipelajari dari internet.

5. Manfaatkan Teknologi

Sekarang ini mengedit video dan recording audio bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi baik android atau PC. Manfaatkan aplikasi tersebut untuk menghasilkan video dan audio terbaik. Perangkat keras dengan spesifikasi yang bagus sangat diperlukan.

Jika memilih mengedit video menggunakan HP android sebaiknya gunakan HP yang prosesornya handal ( Okta core) dan RAM besar. Banyak software editing video PC yang bagus meskipun spesifikasi PC nya juga harus mumpuni.

Konsekuensinya semakin bagus spesifikasi HP atau PC, harganya juga akan semakin mahal. Sesuaikan dengan keubtuhan dan budget yang ada.

Demikianlah informasi seputar Cara Saya Meraih 20 juta Pertama dari Youtube Semoga Bermanfaat!
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar