--> Skip to main content

Cara Saya Meraih 10 Juta Pertama dari Shopee Video


MEDIAKOMPILASI.COM – Hampir tidak percaya kalau dari Shopee video, saya bisa mendapatkan penghasilan 10 juta! Tapi itu nyata setelah saya cek akun Shopee affiliate.

Pada periode November 2023 hingga Juli 2024 saya meraih penghasilan dari Shopee Video (SV) sebesar Rp.10.561.429 (lihat ss).

Saya mulai bergabung bersama Top Creator Shopee Video sejak 29 November 2023 atau sekitar 7 bulan yang lalu. Buat saya pencapaian ini sebuah prestasi. Bagaimana tidak, seorang tukang martabak keliling bisa meraih penghasilan sebanyak itu.


Disaat teman seprofesi sesama pedagang keliling harus kerja keras mencari penghasilan sebesar itu, saya bisa mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus meninggalkan profesi tukang martabak.

10 Cara Meraih 10 Juta Pertama dari Shopee Video

Nah… izinkan saya berbagi tips menghasilkan uang dari Shopee Video. Rezeki tiap orang berbeda-beda takarannya, tapi siapa tahu dengan saya berbagi tips ini bisa membuka jalan rezeki orang lain. Bukan tak mungkin bisa sukses. Simak terus sampai tuntas ya!

1. Daftarkan Akun ke Top Creator

Langkah ini wajib kamu lakukan sebelum melangkah lebih jauh. Tanpa menjadi top creator maka komisi dari Shopee hanya 1%. Beda jika akunmu sudah top creator, komisinya 6% jika mempromosikan prduk dari seller bertanda Star, star+ atau Mall.

Persyaratannya cukup mudah sebenarnya, kamu cukup menguplod 15 video ori dan view total sudah mencapai 100. Kamu juga harus sudah terdaftar sebagai affiliate di Shopee serta sudah memvalidasi akun sosial media kamu.

2. Manfaatkan Produk di rumah

Shopee video merupakan video marketing. Pastinya dalam video ditampilkan produk yang dipromosikan. Top creator tidak diizinkan mengupload video dalam bentuk foto /slide tapi real dari produknya. Top creator juga dilarang reuplod video meskipun dari sellernya.

Idealnya kreator membeli produknya agar bisa mereviewnya. Sayangnya jika semuanya harus beli tentu modalnya besar.

Diawal menjadi top creator, saya lebih banyak memanfaatkan produk yang ada dirumah contohnya mouse, keyboard, aki, payung, cetakan martabak dan lain-lain.

Setelah mulai menghasilkan barulah saya mulai beli produk di Shopee. Cara lain dengan meminjam produk ke teman.

3.Upload Video Tiap Hari

Semakin sering uplod video akan memperbesar peluang mendapat rekomendasi dari Shoppe karena algoritma selalu mendeteksi video baru. Awal-awal jadi top creator, saya upload video tiap hari 1 sampai 5 video per hari.

Atur durasi jam upload jika lebih dari 1 video. Kasih jeda 1 jam biar tidak dianggap spam oleh Shopee. Jam upload perlu diperhatikan. Cari jam-jam ramai pengunjung misalnya jam 6 pagi, 9 pagi. 6 sore atau 9 malam.

Upload Shopee Video hanya bisa dilakukan melalui aplikasi Shopee di HP. Pastikan spesifikasi HP nya memadai dan kecepatan internetnya bagus.

Simpan video kedalam draf terlebih dahulu apalagi jika punya stok video banyak. Setiap masukkan video ke draft, tambahkan produk, Beri judul dan Hastag. Nanti saat jam uplod tinggal buka draft lalu publish.

4. Edit video dengan resolusi HD 720 p

Shopee menyarakan agar mengupload video dengan resolusi 720 p atau 1080 p. Namun kadang karena jaringan internet yang kurang bagus, upload dengan resolusi 1080 p atau 4K akan terganggu bahkan gagal. Beda kalau resolusinya 720 p, berdasarkan pengalaman saya lancar-lancar saja.

Saya sarankan videonya diedit terlebih dahulu menggunakan aplikasi edit video seperti Kinemaster, Capcut atau VN. Hasil render biasanya ukuran filenya lebih kecil dari file mentah. Sebagai contoh, file mentah ukurannya 50 MB setelah saya edit pakai Kinemaster jadi 10 MB.

Semakin kecil ukuran filenya, uplodnya semakin cepat dan pastinya hemat kuota internet.

5. Gunakan Suara Sendiri

Secara garis besar video yang diuplod ke Shopee Video ada 3 jenis, video bisu (tanpa ucapan), video dengan ucapan suara sendiri  atau suara robot. Semua boleh tapi untuk menarik minta penonton untuk cek out sebaiknya gunakan suara sendiri.

Semakin bagus intonasi dan merdu akan membuat pengunjung semakin terhipnotis. Sangat penting memperhatikan kualitas audio dalam proses perekaman audio. Jika dengan microphone internal HP audionya sudah bagus mungkin microphone eksternal tidak diperlukan.

Jika pengambilan audio bebarengan dengan video tanpa voice over, buat script video terlebih dahulu jadi pas perekaman berlangsung ucapannya bisa lancar. Gunakan aplikasi teleprompter sehingga tak perlu menghafal script video.

Baca Juga: Menuju 10 juta Pertama dari Shopee Affiliate

6. Tampilkan Wajah

Bagaimana pun juga branding dalam digital marketing sangat penting. Dengan menampilkan wajah disetiap video maka branding kamu akan semain bagus sehingga peluang Cek Out akan semakin besar dari pada videp yang tanpa muka khususnya untuk produk yang harganya mahal dan perlu review yang lengkap.

Disinilah kemampuan berbicara didepan kamara diperlukan. Ucapan harus jelas dan lancar. Hindari mengucapkan sebuah kata berulang-ulang. Perhatikan juga penampilan baik fashion maupun wajah jangan sampai acak-acakan.

7. Buat demo produk

Pernah lihat video promosi yang hanya memutar-mutar produk? Ini sering dilakukan kreator karena lebih mudah. Sayangnya video semacam ini kurang menarik. Penonton butuh review produk secara lengkap.

Buat video demo seperti cara penggunaan atau uji coba. Disinilah creator dituntut untuk memahami produk yang akan dicoba terutama dari sisi benefitnya. Tekankan pada sisi itu karena ini yang akan membuat penonton tertarik beli.

8. Gunakan kalimat sakti

Dalam setiap video jangan lupa ucapkan kalimat sakti atau kalimat yang mendorong penonton untuk segera cek out. Berikut listnya:

Cepat, praktis, anti ribet, tidak pakai lama, terbatas, sekarang juga, buruan, hanya hari ini, segera miliki, Tdak akan menyesal, Yuk, Ayo, Garansi, Diskon

9. Ajakan cek out

Ini yang kadang dilupakan kreator yang mempromosikan barang melalui Shopee Video yaitu ajakan cek out. Kelihatannya sepele tapi perannya cukup penting. Orang yang membuka aplikasi Shopee umumnya memang sedang mencari produk atau sudah ada niatan mau beli.

Target konsumen seperti ini sangat cocok jika menerapkan tehnik direct selling. Salah satu caranya dengan menyelipkan kalimat ajakan cek out di setiap akhir video. Jangan lupa cantumkan kalimat klik keranjang oren.

10. Pilih Produk dengan Komisi ekstra besar



Aturan baru Shopee mulai 2 Juli 2024 mengatur perubahan skema komisi top kreataor. Komisi produk dari Shopee Video tanpa komisi ekstra hanya 1%. Jika ada komisi ekstra maka komisinya 6% ditambah komisi ekstra. Maka semakin besar komisi ekstranya maka akan semakin besar komisinya.

Misalkan komisi ekstra 10% maka total komisinya 6% + 10% = 16 %. Jadi jelas kalau mau komisinya besar wajib mempromosikan produk dengan komisi ekstra. Bagaimana cara mengetahui produk yang ada komisi ekstranya?

Kamu bisa membuka menu shopee affiliate dari aplikasi. Kemudian ketikkan produk yang dicari sebagai contoh Lampu Bohlam Led lalu klik. Akan muncul produk-produk yang dicari dengan disertai komisinya. Klik produk untuk mengetahui rincian komisinya.

Setelah itu baru dipromosikan melalui Shopee Video. Cara mendapatkan produknya bisa dengan membeli, memanfaatkan produk yang ada dirumah atau mengajukan sampel.

Demikianlah informasi seputar Cara saya meraih 10 juta pertama dari Shopee Video Semoga bermanfaat!

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar